Monday, September 24, 2012

Bila Anak anda Mengalami "ALERGI"

            Berbagai gangguan alergi seperti asma, hay fever dan eksim merupakan sebagian dari kondisi kesehatan kronis yang paling umum dikalangan masyarakat Amerika Utara. bagi anak-anak hidup dengan alergi dapat menimbulkan gejala-gejala yang menakutkan, mulai dari hidung tersumbat yang sederhana hingga penyakit galegata(hives) sampai sulit bernapas

                 Berbagai gangguan alergi menyebabkan penderita berkali-kali mendatangi klinik dokter dan tidak masuk sekolah. banyak aspek dari gangguan-gangguan ini masih belum dimengerti sepenuhnya dan para peneliti di seluruh dunia terus melakukan penelitian terhadap berbagai penyebab, akibat dan metode perawatan terhadapnya. 

           Penyakit alergi yang paling umum adalah Rhinitis alergi (baik yg bersifat musiman ataupun sepanjang tahun) dengan sekitar 20 % dari orang-orang yang memgalami gejala seperti hidung meler, bersin-bersin dan gatal-gatal, mata berai; Salah satu penyakit yang paling pesat pertumbuhannya adalah ASMA. jumlah penderita anak-anak mendominasi 2 kali lebih banyak daripada penderita orang dewasa; 2 s/d 4 persen anak-anak mengalami alergi makanan, banyak diantara gangguan-gangguan ini yang hilang dengan sendirinya pada saat sebelum anak mulai masuk usia sekolah; Anaphylaxis, yakni reaksi alergi yang serius terhadap makanan, obat atau gigitan serangga menimpa 1 s/d 2 persen penduduk di amerika utara.

Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap zat (allergen) yang pada umumnya tidak menyebabkan efek yang merusak dalam sebagian besar orang, penyebab-penyebab alergi diantarnya:
a.  alergi bukan dari makanan
     serbuk sari (pohon, rumput, semak-semak), jamur, ngengat debu rumah tangga, air liur, air kencing, 
     obat-obatan, lateks dan serangga.
b.  alergi karena makanan
     kacang-kacangan, kerang-kerangan, ikan, susu, telor, gandum, kedelai dan biji wijen
c.  dikarenakan Hubungan Iritan
     udara dingin, cuaca yang lembab, perubahan cuaca yang cepat, asap tembakau atau perapian, bau atau
     spray yang kuat dan polusi

No comments:

Post a Comment